Pernikahan (bukan) di Usia Dini

image

Biasanya kita heboh ya kalo diskusi pernikahan usia dini. Macem – macem deh itu resikonya, rentan perceraian, permasalahan kesehatan reproduksi, rentan terjadi kekerasan dalam rumah tangga, dan lain – lain. But now, I don’t wanna talk about it !

Pernikahan bukan di usia dini, maksudnya adalah pernikahan yang dimulai ketika usia kedua pihak lebih dari 30 tahun, atau bahkan ada yang memulai di usia lebih dari 40 tahun. Uniknya, beberapa dari cerita mereka dijadikan reality show oleh KBS, salah satu stasiun tv di Korea Selatan. Reality show tersebut adalah The Return of Superman. Seperti judul acaranya, konten reality show ini memang menghadirkan para ayah yang dulunya merupakan Hallyu Star yang super sibuk dan seiring berjalannya waktu, popularitas mereka meredup hingga akhirnya memutuskan untuk menikah dan menjadi Superman untuk anak – anak mereka di usia yang tak lagi muda. Sebut saja Song Il Kook, salah satu ayah yang ada di dalam reality show tersebut, dia dulu terkenal lewat serial Jumong.

Siapa yang belum kenal Daehan, Minguk, Manse? Coba ketik nama – nama tersebut di laman search engine, niscaya akan muncul ribuan foto – foto, video dan situs yang menampilkan betapa imutnya mereka. Serentak para pemudi langsung kebelet kawin dan pengen punya momongan, kalo bisa triplets juga. Ga sedikit juga para istri langsung minta program hamil triplets. Hadeeeh,,,mbak,,mbak,,mbok pikir tuku klambine, tuku susu karo popok e ki mung sewu thok? Dan ya, memang gelombang fantasi para pemudi dan istri yang mom wanna be ini langsung menggeliat, bukan hanya di Indonesia sebagai bangsa setia penikmat acara tv korea, tapi juga di Korea Selatan itu sendiri. Di Pyongyang itu pada nonton juga gak ya?

Atensi masyarakat dunia, terutama di Asia, menjadi makin besar terhadap reality show ini. Jumlah pengguna layanan channel tv berbayar bisa diperkirakan meningkat, pengunjung situs youtube yang menyediakan video bayi imut dan anak ngegemesin itu juga pasti bertambah, dan orang – orang bela – belain nyiapin HD berpuluh – puluh giga buat download atau sekedar meng-copy video reality show tersebut makin panjang mengantri. Berlebihan ya? Saya rasa nggak juga. Coba deh randomly colek mbak – mbak berwajah keibuan tapi tingkahnya masih alay, tanyain tau The Return of Superman, atau mereka pernah denger nama Daehan, Minguk, Manse, Sarang, Soeon, Soejun? Beuuuh,,,malah mereka langsung lancar nyebut bayi – bayi yang jadi newcast di acara ini, misalnya Daebak dan kakak kembarnya, atau kakak beradik Soeul – Daeul.

Secara nyata, jumlah perkawinan dan kehamilan di Korea Selatan dan Jepang juga menjadi meningkat. Padahal, dua negara tersebut terkenal dengan masyarakatnya yang mayoritas enggan berkomitmen untuk menikah apalagi punya anak. Seolah pesan dari acara ini berbunyi, tak ada kata terlambat untuk memiliki anak. Di samping itu, acara ini juga menggugah hati para ayah untuk mau membagi peran dengan ibu untuk mengasuh dan mendidik anaknya. Mau bukti? Silakan tonton The Return of Superman episode 43 – 44.

Seperti yang tadi sudah disebutkan, The Return of Superman ini menghadirkan cerita keseharian para ayah yang baru saja memiliki anak di usia yang tak lagi muda. Acara ini bukan sekedar menampilkan tayangan anak – anak menggemaskan, tapi juga memaparkan apa saja kendala yang dihadapi ketika kita memiliki anak di usia yang tak lagi muda, yaitu faktor kesehatan tubuh, stamina mereka, kondisi ekonomi keluarga mereka dan juga asumsi dari orang – orang sekitar yang gak henti – henti. Dan ga boleh ketinggalan, acara ini juga, secara langsung maupun tidak, mengedukasi kita tentang parenting. Acara ini mampu menyampaikan pemahaman kepada penonton bagaimana mendidik anak, mendampingi tumbuh kembang anak, dan bagaimana mengatasi anak yang bertingkah nakal.

Gimana? Makin penasaran dengan acara reality show ini? Kuy, langsung deh cari video itu acara bagaimanapun caranya. Segitu dulu aja pemantik dariku, selamat menonton~

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s